Tentang Mawar

Mawar adalah bunga yang paling populer diantara bunga bunga lainnya. Mawar berasal dari daerah beriklim sedang / subtropis. Di daerah tropis, mawar bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggu yang beriklim sejuk. Di datarn rendah mawar juga bisa tumbuh walaupun tidak sebaik mawar yang tumbuh di dataran tinggi.

Untuk Mawar yang digunakan sebagai bunga potong ( fresh cutflower) dewasa ini banyak perkebunan yang mengembangkan Mawar semi Holland. Mawar ini dikembangkan dengan tehnik okulasi, dengan menggunakan Mawar liar sebagai batang bawahnya dan Mawar Holland sebagai tunas tempelannya.

Mawar semi Holland ini mempunyai bermacam macam varietas dengan berbagai macam karakter, seperti Avalanche ( rose putih ) yang mempunyai duri relatif sedikit dan pertumbuhan tunasnya yang relatif cepat, Universe ( rose pink muda) yang mempunyai bau yang harum, Primadona ( Rose Peach) , yang mempunyai petal yang keras seperti plastik dll.

Di perkebunan, untuk mempercepat tumbuhnya tunas pada pangkal batang , biasanya dilakukan tehnik “Bending”, yaitu dengan membengkokkan tunas yang sudah cukup tua. Tunas yang tumbuh diujung batang biasanya dipangkas karena biasanya batang dan bunganya tidak akan tumbuh besar, dan agar tidak mengganggu pertumbuhan tunas dibawahnya.
Tehnik “bending” ini bisa juga dilakukan untuk mawar yang ditanam di pot.

Tanaman mawar juga memerlukan perawatan yang intensif. Penyemprotan pestisida harus dilakukan secara rutin dan juga pemupukan agar didapat hasil yang memuaskan
Pembibitan Mawar sebelum dipindahkan ke GreenHouse

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s